MOJOSPEKTA


Cerita Astinapura adalah tentang cerita yang yang terjadi di negeri Astipura. "Padi menjadi. Rumput Hijau. Kerbo gepuk. ke aik cemetik keno naik kedarat durian runtuh.  dilaman rumah lemang tesanda. naik kerumah anak ado” atau “Padi menjadi. Rumput hijau. Aeknyo tenang. Ke aek cemeti keno. Ke darat durian gugur”

Catatan yang disampaikan adalah cerita yang bisa dibaca..


Inspirasi ilustrasi Negeri Astinapura dikenal Mojospekta. Ilustrasi yang dikenal di Majapahit. 


Inspirasi dimulai dari PENDAMPINGAN DESA WISATA EKOLOGI DAN Pendekatan Budaya di Sendi Pacet Mojokerto. Serta Desain  Seni Pertunjukan Dolanan kolosal yang berkembang jd masterplan wisata Bahari di Pemkot Mojokerto. 


Ilustrasi dibuat kemudian berbentuk MOJOSPEKTA. MOJOSPEKTA adalah penentuan hari air sedunia dg pendekatan budaya dan permainan tradisional. 


MOJOSPEKTA terdiri dari 5200 aktor. MOJOSPEKTA kemudian berlanjut jadi Masterplan Pemajuan Kebudayaan di Pemerintah Kota Mojokerto. Sekaligus menjadi Masterplan wisata bahari dengan menonjolkan  spirit of mojopahit. 


Selain itu, Desa Sendi juga mengembangkan wisata alam dan budaya berbasis desa hutan. Keduanya di wilayah kota Mojokerto dan Kabupaten Mojokerto. 


Ilustrasi dipadukan dengan pengetahuan yang diketahui oleh Cak Ipoel. 


Cak Ipoel adalah nama panggilan sehari-hari. Beliau bernama Ridhosaiful. Dewan Daerah Walhi Jawa Timur. Sebelumnya menjadi Direktur Walhi Jawa Timur periode 2005-2008.


Cak Ipul (dalam nama dunia maya dikenal “ipoel-bocah-angon), kemudian menekuni berbagai komunitas termasuk menjadi penggerak permainan anak. Deklarasi sebagai “Jubir Kedubes Republik Dolanan - Bermain Melampaui Permainan at  Republik Dolanan  Bermain Permainan” dan kemudian menjadi bagian dari “KOMUNITAS LIDI - LINGKAR INSPIRASI DOLANAN INDONESIA at inovasi sosial Indonesia” menyambut tawaran dari Penulis.

Memoar
Memoar Catatan yang disampaikan adalah cerita yang bisa dibaca..