Negeri Astinapura

 


Ketika blog gratisan “Negeri Astinapura” mulai dilauncing tanggal 1 Januari 2017 hingga sekarang dengan 148 posting telah menarik minat pembaca hingga 2093 pembaca. Atau rata-rata pembaca setiap hari mencapai 50 orang pembaca. 


Cerita Astinapura adalah tentang cerita yang yang terjadi di negeri Astipura. "Padi menjadi. Rumput Hijau. Kerbo gepuk. ke aik cemetik keno naik kedarat durian runtuh.  dilaman rumah lemang tesanda. naik kerumah anak ado” atau “Padi menjadi. Rumput hijau. Aeknyo tenang. Ke aek cemeti keno. Ke darat durian gugur”

Catatan yang disampaikan adalah cerita yang bisa dibaca..


Pembaca dengan segmen tertentu yang membuat cerita Negeri Astinapura menarik untuk diikuti. 


Berdasarkan pertimbangan pentingnya cerita astinapura terus diceritakan maka semula membuat blog gratisan kemudian menjadi domain dengan nama astinapura.net tanggal 10 April 2021. 


Ketika baru dilauncing, astinapura.net tanggal 10 April 2021 baru di rangking alexa 28.352. Namun naik 16.342 (13 April 2021), 12.986 (14 April 2021), 11.545 (15 April 2021), 11.124 (16 April 2021)


Kenaikan astinapura.net juga terus terjadi. Setelah sebelumnya masih bertengger di rangking 10.270 dan menembus 9 ribu (9.233) akhirnya terus merangsak maju. Menembus Angka 8 ribu (8.778). 


Disisi lain, untuk melengkapi ilustrasi Negeri Astinapura maka diperlukan lambang dan logo sebagai desain domain. 


Pada tanggal 8 April 2021, saya kemudian menghubungi salah  teman di Jawa yang paham dengan dunia astipura. Tidak lama kemudian gayungpun bersambut. 


Beliau adalah Ridhosaiful. Dewan Daerah Walhi Jawa Timur. Sebelumnya menjadi Direktur Walhi Jawa Timur periode 2005-2008.


Ridhosaiful yang kemudian dipanggil akrab Cak Ipul (dalam nama dunia maya dikenal “ipoel-bocah-angon), kemudian menekuni berbagai komunitas termasuk menjadi penggerak permainan anak. Deklarasi sebagai “Jubir Kedubes Republik Dolanan - Bermain Melampaui Permainan at  Republik Dolanan  Bermain Permainan” dan kemudian menjadi bagian dari “KOMUNITAS LIDI - LINGKAR INSPIRASI DOLANAN INDONESIA at inovasi sosial Indonesia” menyambut tawaran dari Penulis.

Secara sekilas dia kemudian mengirimkan beberapa gambar dari media maya untuk sekedar perbandingan. 


Beberapa gambar yang ada di dunia Maya kemudian diperhatikan dengan baik. 


Namun untuk memastikan agar gambar yang kemudian dijadikan lambang dan logo domain, dipastikan gambar yang dikirimi sudah melalui prosedur yang baik. Termasuk menghargai sang pencipta (desainer). 


Atas permintaan dari saya, kemudian dia memerlukan beberapa hari waktu. 


Setelah beberapa hari kemudian dikirimilah gambar dan logo yang menjadi bahan dan latar belakang domain astinapura.net. 


Untuk memperjelas ilustrasi dari gambar maka tidak lama kemudian Cak Ipul mengirimkan nilai-nilai filosofi dari gambar. 


Inspirasi dimulai dari PENDAMPINGAN DESA WISATA EKOLOGI DAN Pendekatan Budaya di Sendi Pacet Mojokerto. Serta Desain  Seni Pertunjukan Dolanan kolosal yang berkembang jd masterplan wisata Bahari di Pemkot Mojokerto. 


Ilustrasi dibuat kemudian berbentuk MOJOSPEKTA. MOJOSPEKTA adalah penentuan hari air sedunia dg pendekatan budaya dan permainan tradisional. 


MOJOSPEKTA terdiri dari 5200 aktor. MOJOSPEKTA kemudian berlanjut jadi Masterplan Pemajuan Kebudayaan di Pemerintah Kota Mojokerto. Sekaligus menjadi Masterplan wisata bahari dengan menonjolkan  spirit of mojopahit. 


Selain itu, Desa Sendi juga mengembangkan wisata alam dan budaya berbasis desa hutan. Keduanya di wilayah kota Mojokerto dan Kabupaten Mojokerto. 


Ketika gambar ilustrasi dikirimi, saya kemudian meminta agar dicantumkan sang desainer. 


Cak Ipul kemudian menyetujui dengan mencantumkan nama sang desainer yang dikenal Irfandi KLG. 


Setelah gambar ilustrasi yang dibumbuhi nama sang desainer, saya kemudian menyetujuinya. Termasuk menggganti seluruh wallpaper handphone dan laptop. 


Alangkah gembiranya saya. seakan-akan mendapatkan anugerah untuk menceritakan cerita Negeri Astinapura dengan dilengkapi gambar ilustrasi. 


Namun kegembiraan saya kemudian bertambah. Ketika cak ipul justru membuat status di FB yang menyebutkan “ Tidak lama kemudian nada kegembiraan juga disampaikan cak ipul di FB “Inspirasi Menjelang FAJAR menyingsing ... Sentuhan kreasi buat kawan yang sedang develope web buat kegemarannya menulis ... 


Selamat ya brader @musrinauli buat launching ide2 bernas dan mwncerahkan yg selalu menghadirkan tantangan .... 


Makasih juga buat bro @irfandy_KLG yang sudah bersedia berjibaku di jam sahur hingga pagi ...

Memoar
Memoar Catatan yang disampaikan adalah cerita yang bisa dibaca..